Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melakukan Passing Bawah Pada Bola Voli, Teknik Dasar Yang Harus Dikuasai


√ Teknik Dasar Permainan Bola Voli LENGKAP Teknik, Peraturan, dll

Hallo Sobat RT! Jika kamu seorang pemula dalam olahraga bola voli, salah satu teknik dasar yang harus kamu kuasai adalah passing bawah. Teknik ini sangat penting karena menjadi fondasi dalam permainan bola voli. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melakukan passing bawah pada bola voli dan teknik dasar yang harus kamu kuasai. Yuk, simak!

1. Posisi Tubuh yang Benar

Sebelum melakukan passing bawah, pastikan posisi tubuhmu sudah benar. Berdirilah dengan kaki selebar bahu, lutut sedikit ditekuk, dan punggung lurus. Pastikan kamu melihat bola dengan jelas dan mantapkan posisi tanganmu di bawah bola. Ingat, jangan menekuk punggungmu karena akan membuatmu sulit mengontrol bola.

2. Teknik Pukulan

Teknik pukulan sangat penting dalam melakukan passing bawah. Pukul bola dengan lenganmu yang dominan, dan letakkan tanganmu di bawah bola dengan jari-jari terbuka dan terpisah. Pukul bola dengan pergelangan tanganmu yang kaku, dan jangan lupa untuk menggerakkan lenganmu ke arah depan untuk memberikan kekuatan pada pukulan. Pastikan bola mengenai lenganmu di antara siku dan pergelangan tanganmu.

3. Mengarahkan Bola ke Target

Setelah melakukan pukulan, pastikan bola mengarah ke target yang kamu inginkan. Jangan hanya memukul bola ke arah atas tanpa tujuan. Kamu harus memastikan bola mengarah ke tempat yang diinginkan, misalnya ke pemain lain di timmu atau ke daerah di sebelah lawan.

4. Latihan Rutin

Untuk menguasai teknik dasar passing bawah, kamu harus berlatih secara rutin. Lakukan latihan ini setiap hari untuk meningkatkan kemampuanmu. Mulailah dengan melatih pukulan dengan satu tangan terlebih dahulu, kemudian tambahkan satu tangan lagi. Jangan lupa untuk mengarahkan bola ke target yang diinginkan.

5. Komunikasi dalam Tim

Komunikasi dalam tim juga sangat penting dalam permainan bola voli. Pastikan kamu dan timmu memiliki kesepakatan dalam mengarahkan bola. Jika kamu tidak dapat mengarahkan bola ke target yang diinginkan, jangan ragu untuk berteriak atau memberikan kode agar pemain lain di timmu dapat siap menerima bola.

6. Meningkatkan Refleks dan Kecepatan

Untuk menjadi pemain bola voli yang handal, kamu juga harus meningkatkan refleks dan kecepatanmu. Lakukan latihan untuk meningkatkan kecepatan gerakan tanganmu. Latihan ini dapat kamu lakukan dengan cara melemparkan bola ke udara dan menangkapnya dengan satu atau dua tangan. Lakukan latihan ini secara rutin untuk meningkatkan refleks dan kecepatanmu.

7. Menjaga Kesehatan Tubuhmu

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Pastikan kamu memiliki makanan yang sehat dan cukup istirahat sebelum melakukan latihan atau pertandingan. Pemulihan tubuh yang cukup sangat penting untuk memastikan kamu dapat bermain dengan maksimal.

Itulah cara melakukan passing bawah pada bola voli dan teknik dasar yang harus kamu kuasai. Ingatlah untuk berlatih secara rutin untuk meningkatkan kemampuanmu dalam permainan bola voli. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.