Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Dan Tips Membuat Lamaran Kerja Terbaik


Hallo Sobat RT! Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan surat lamaran kerja. Surat ini merupakan dokumen penting yang harus kamu buat dengan baik dan benar agar bisa memperoleh kesempatan untuk diundang wawancara kerja. Nah, kali ini kita akan membahas tentang contoh surat lamaran kerja dan tips membuat lamaran kerja terbaik. Yuk simak artikelnya sampai selesai!

Contoh Surat Lamaran Kerja

Sebelum membuat surat lamaran kerja, ada baiknya kamu mengetahui format dan struktur yang benar. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu gunakan sebagai referensi:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Kepada Yth,

HRD PT ABC

Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ahmad

Tempat/Tanggal Lahir: Bandung, 1 Januari 1999

Pendidikan: S1 Teknik Informatika Universitas Pendidikan Indonesia

Alamat: Jl. Raya Cimahi No. 12

No. HP: 08123456789

Email: ahmad@email.com

Menyatakan dengan ini bahwa saya sangat tertarik untuk bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya melihat bahwa PT ABC merupakan perusahaan yang memiliki reputasi yang baik dan memiliki visi dan misi yang sejalan dengan nilai-nilai yang saya anut.

Saya memiliki kemampuan dalam bidang teknologi informasi, terutama dalam pengembangan aplikasi web dan mobile. Selain itu, saya memiliki kemampuan dalam bahasa pemrograman seperti PHP, Java, dan Python serta pengalaman dalam penggunaan framework Laravel dan CodeIgniter.

Saya sangat berharap bisa bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu dan siap untuk memberikan kontribusi terbaik saya. Saya juga siap untuk belajar dan mengembangkan diri bersama PT ABC. Terlampir saya sertakan curriculum vitae dan dokumen pendukung lainnya.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ahmad

2. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Sudah Berpengalaman

Kepada Yth,

HRD PT XYZ

Di Tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja untuk posisi Marketing Manager yang saat ini dibutuhkan di PT XYZ. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Budi

Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 1 Januari 1990

Pendidikan: S1 Ekonomi Universitas Indonesia

Pengalaman Kerja:

- Marketing Executive di PT ABC (2012-2015)

- Marketing Manager di PT CDE (2015-2018)

Alamat: Jl. Sudirman No. 10

No. HP: 08123456789

Email: budi@email.com

Dalam pengalaman kerja saya, saya sudah banyak berkontribusi dalam meningkatkan penjualan produk dan layanan di perusahaan. Saya memiliki kemampuan dalam membuat strategi marketing yang efektif serta mampu memimpin dan mengembangkan tim dengan baik. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan dalam analisis data dan pelaporan yang baik.

Saya sangat berharap bisa bergabung dengan PT XYZ dan memberikan kontribusi terbaik saya. Terlampir saya sertakan curriculum vitae dan dokumen pendukung lainnya.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Budi

Tips Membuat Lamaran Kerja Terbaik

Selain contoh surat lamaran kerja yang baik, kamu juga harus memperhatikan tips membuat lamaran kerja terbaik. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

1. Kenali Perusahaan yang Ingin Kamu Lamar

Sebelum membuat surat lamaran kerja, pastikan kamu sudah memahami dengan baik tentang perusahaan yang ingin kamu lamar. Cari tahu tentang visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan tersebut. Hal ini akan membantumu dalam menuliskan kalimat pembuka yang menarik.

2. Tunjukkan Keahlian yang Relevan

Di dalam surat lamaran kerja, tunjukkan keahlian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jangan menyertakan keahlian yang tidak relevan atau terlalu banyak detail. Singkat dan jelas adalah kunci dalam membuat surat lamaran kerja yang baik.

3. Buat Surat Lamaran Kerja yang Personal

Buatlah surat lamaran kerja yang personal dan tidak terlalu formal. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jangan terlalu banyak menggunakan kalimat yang panjang. Jangan lupa untuk menyisipkan sedikit kreativitas dalam surat lamaran kerjamu.

Kesimpulan

Nah, itulah contoh surat lamaran kerja dan tips membuat lamaran kerja terbaik yang bisa kamu terapkan. Ingat, surat lamaran kerja adalah representasi dirimu sebagai calon karyawan, sehingga kamu harus membuatnya dengan baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantumu dalam mencari pekerjaan yang kamu inginkan. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya di rancahtekno.com!