Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diketahui Fungsi F Dirumuskan Dengan F(X)=-3X+6

Hallo Sobat RT! Apa kabar hari ini? Kali ini kita akan membahas tentang fungsi matematika. Mungkin bagi sebagian orang, matematika adalah pelajaran yang sulit dan membingungkan. Namun, dengan pemahaman yang tepat, matematika bisa menjadi pelajaran yang menyenangkan. Yuk, kita bahas tentang fungsi f yang dirumuskan dengan f(x)=-3x+6.

Fungsi f adalah konsep dasar dalam matematika yang sangat penting. Fungsi f adalah suatu hubungan antara himpunan tertentu yang disebut domain dengan himpunan tertentu yang disebut co-domain. Dalam hal ini, domain dari fungsi f adalah himpunan semua bilangan real, sedangkan co-domain adalah juga himpunan semua bilangan real. Fungsi f(x)=-3x+6 dapat diartikan sebagai suatu fungsi yang mengambil suatu bilangan real x sebagai masukan dan menghasilkan bilangan real y sebagai keluaran.

Cara Membuat Grafik Fungsi f(x)=-3x+6

Untuk membuat grafik fungsi f(x)=-3x+6, kita perlu menentukan beberapa titik koordinat pada bidang kartesius. Caranya adalah dengan memilih beberapa nilai x yang berbeda, misalnya x=-2, x=-1, x=0, x=1, dan x=2. Selanjutnya, kita substitusikan nilai-nilai tersebut ke dalam rumus fungsi f(x)=-3x+6 untuk mendapatkan nilai y atau f(x). Hasilnya adalah sebagai berikut:

xf(x)=-3x+6
-212
-19
06
13
20

Setelah mendapatkan nilai-nilai f(x), kita dapat menggambar titik-titik koordinat tersebut pada bidang kartesius dan menghubungkannya dengan garis lurus yang melalui titik-titik tersebut. Hasilnya adalah grafik fungsi f(x)=-3x+6 seperti pada gambar di bawah ini:

Intersep Fungsi f(x)=-3x+6

Intersep adalah titik potong suatu garis dengan sumbu x atau sumbu y pada bidang kartesius. Pada fungsi f(x)=-3x+6, kita dapat mencari intersep-nya dengan mudah. Jika kita substitusikan x=0 ke dalam rumus f(x)=-3x+6, maka nilai f(0) adalah 6. Artinya, fungsi f memiliki intersep pada sumbu y pada titik (0,6) seperti pada gambar di bawah ini:

Selain itu, kita juga dapat mencari intersep pada sumbu x dengan mudah. Jika kita substitusikan f(x)=0 ke dalam rumus f(x)=-3x+6, maka nilai x adalah 2. Artinya, fungsi f memiliki intersep pada sumbu x pada titik (2,0) seperti pada gambar di atas.

Manfaat Fungsi f(x)=-3x+6

Fungsi f(x)=-3x+6 memiliki banyak manfaat dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah dalam menghitung persentase diskon pada suatu barang. Misalnya, jika suatu barang awalnya dijual dengan harga 10.000 rupiah dan mendapatkan diskon sebesar 30%, maka harga barang tersebut setelah diskon adalah:

Harga setelah diskon = Harga awal - Diskon

Harga setelah diskon = 10.000 - 0,3 x 10.000

Harga setelah diskon = 7.000

Dalam hal ini, fungsi f(x)=-3x+6 dapat diartikan sebagai suatu fungsi yang mengambil persentase diskon x sebagai masukan dan menghasilkan harga setelah diskon y sebagai keluaran. Jika kita substitusikan x=30%, maka nilai y atau harga setelah diskon adalah 7.000 rupiah.

Penutup

Itulah beberapa hal yang dapat kita pelajari tentang fungsi f yang dirumuskan dengan f(x)=-3x+6. Dalam matematika, fungsi f adalah konsep dasar yang sangat penting dan memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga pembahasan ini dapat membantu kalian memahami konsep fungsi f dengan lebih baik. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.