Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerakan Merentangkan Lengan Termasuk Dalam Tahap


Hallo Sobat RT! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan gerakan merentangkan lengan yang sering dilakukan dalam olahraga atau fitness. Gerakan ini memang terlihat sederhana, namun ternyata sangat penting untuk dilakukan dalam tahap pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yang lebih berat. Yuk, mari kita bahas lebih dalam mengenai gerakan merentangkan lengan termasuk dalam tahap apa saja.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, perlu diketahui bahwa gerakan merentangkan lengan merupakan bagian dari pemanasan atau warm up. Pemanasan sangat penting dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik apa pun, karena dapat membantu mengurangi risiko cedera dan mempersiapkan tubuh untuk aktivitas yang lebih berat.

Pengertian Gerakan Merentangkan Lengan

Gerakan merentangkan lengan adalah gerakan yang dilakukan dengan cara mengangkat tangan ke samping dan menggerakkan lengan ke depan atau ke belakang. Gerakan ini biasanya dilakukan dalam posisi berdiri dengan kedua tangan lurus ke samping tubuh, kemudian lengan kanan atau kiri digerakkan ke depan atau ke belakang secara bergantian. Gerakan merentangkan lengan juga dapat dilakukan dengan posisi duduk atau berbaring, tergantung dari jenis olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan.

Manfaat Gerakan Merentangkan Lengan

Gerakan merentangkan lengan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya adalah:

  1. Meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas lengan, sehingga memudahkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
  2. Mengurangi risiko cedera pada lengan dan bahu, terutama pada olahraga yang memerlukan gerakan lengan yang intens.
  3. Meningkatkan sirkulasi darah pada lengan, sehingga meningkatkan kinerja otot dan mengurangi kelelahan.
  4. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, terutama pada olahraga yang memerlukan keseimbangan tubuh yang baik.

Cara Melakukan Gerakan Merentangkan Lengan

Berikut adalah cara melakukan gerakan merentangkan lengan yang benar:

  1. Berdiri dengan sikap tegap dan kedua tangan di samping tubuh.
  2. Angkat tangan kanan ke samping tubuh hingga sejajar dengan bahu, lalu gerakkan lengan ke depan secara perlahan hingga lurus ke depan.
  3. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi awal.
  4. Lakukan hal yang sama dengan lengan kiri.
  5. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali untuk setiap lengan.

Tahap Pemanasan

Gerakan merentangkan lengan termasuk dalam tahap pemanasan atau warm up. Tahap pemanasan terdiri dari beberapa gerakan yang dilakukan sebelum memulai aktivitas fisik yang lebih berat. Tujuan dari tahap pemanasan adalah untuk meningkatkan suhu tubuh, mengurangi kekakuan otot, dan mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik yang lebih berat.

Manfaat Tahap Pemanasan

Tahap pemanasan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya adalah:

  1. Mengurangi risiko cedera pada otot dan persendian.
  2. Meningkatkan kesadaran tubuh terhadap aktivitas yang akan dilakukan.
  3. Meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen pada otot, sehingga meningkatkan kinerja otot.
  4. Meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot.

Cara Melakukan Tahap Pemanasan

Berikut adalah cara melakukan tahap pemanasan yang benar:

  1. Lakukan gerakan peregangan atau stretching pada otot-otot yang akan digunakan dalam aktivitas fisik.
  2. Lakukan gerakan aerobik ringan seperti berjalan atau berlari di tempat selama 5-10 menit.
  3. Lakukan gerakan pemanasan khusus seperti gerakan merentangkan lengan, gerakan putar bahu, atau gerakan peregangan otot paha.

Peran Gerakan Merentangkan Lengan dalam Olahraga

Gerakan merentangkan lengan sangat penting dalam olahraga, terutama pada olahraga yang memerlukan gerakan lengan yang intens seperti basket, tenis, atau bulutangkis. Gerakan merentangkan lengan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas lengan, sehingga memudahkan dalam melakukan gerakan-gerakan yang dibutuhkan dalam olahraga tersebut.

Contoh Gerakan Merentangkan Lengan dalam Olahraga

Berikut adalah contoh gerakan merentangkan lengan dalam olahraga:

  1. Gerakan putar bahu pada bulutangkis
  2. Gerakan ini dilakukan dengan mengangkat lengan ke samping tubuh, kemudian menggerakkan lengan ke depan secara bergantian. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan mobilitas dan kekuatan bahu, sehingga memudahkan dalam melakukan pukulan-pukulan pada permainan bulutangkis.

  3. Gerakan shooting pada basket
  4. Gerakan ini dilakukan dengan mengangkat lengan ke samping tubuh, kemudian menggerakkan lengan ke depan secara cepat untuk melakukan tembakan pada bola basket. Gerakan merentangkan lengan sangat penting dalam gerakan shooting, karena dapat membantu meningkatkan akurasi tembakan dan kekuatan lengan.

  5. Gerakan backhand pada tenis
  6. Gerakan ini dilakukan dengan mengangkat lengan ke samping tubuh, kemudian menggerakkan lengan ke belakang untuk melakukan pukulan backhand pada bola tenis. Gerakan merentangkan lengan sangat penting dalam gerakan backhand, karena dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan lengan.

Jadi, itulah pembahasan mengenai gerakan merentangkan lengan termasuk dalam tahap pemanasan. Jangan lupa untuk selalu melakukan tahap pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yang lebih berat, dan jangan lupa untuk melakukan gerakan merentangkan lengan dalam olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.