Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kehidupan Budaya Kerajaan Sriwijaya


Hallo sobat RT! Kita akan membahas tentang Kehidupan Budaya Kerajaan Sriwijaya yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang berdiri pada abad ke-7 hingga abad ke-14 dan merupakan kerajaan maritim terbesar di Asia Tenggara. Selain menjadi kerajaan maritim terbesar, Kerajaan Sriwijaya juga memiliki kebudayaan yang sangat kaya dan beragam.

Mengetahui kehidupan budaya Kerajaan Sriwijaya dapat membantu kita untuk memahami lebih dalam tentang sejarah Indonesia dan juga menambah pengetahuan kita tentang kebudayaan Indonesia. Mari simak bersama-sama tentang kehidupan budaya Kerajaan Sriwijaya.

Seni dan Arsitektur

Seni dan arsitektur Kerajaan Sriwijaya sangat terkenal pada zamannya. Salah satu ciri khas seni Kerajaan Sriwijaya adalah relief yang terdapat pada Candi Borobudur. Relief pada Candi Borobudur menggambarkan kehidupan masyarakat pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Selain itu, arsitektur bangunan-bangunan pada Kerajaan Sriwijaya juga sangat indah dan megah.

Banyak bangunan-bangunan pada Kerajaan Sriwijaya yang dibangun dengan menggunakan batu bata dan batu andesit. Salah satu contohnya adalah Candi Muara Takus yang terletak di provinsi Riau. Candi Muara Takus merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang masih bertahan hingga saat ini.

Tak hanya itu, seni ukir pada Kerajaan Sriwijaya juga sangat terkenal. Seni ukir pada Kerajaan Sriwijaya menggambarkan kehidupan masyarakat pada zaman itu. Kita dapat melihat seni ukir pada beberapa peninggalan Kerajaan Sriwijaya seperti pada Candi Muara Takus dan juga pada arca-arca yang ditemukan di Sumatera Selatan.

Musik dan Tari

Musik dan tari juga merupakan bagian dari kebudayaan Kerajaan Sriwijaya. Salah satu tari tradisional yang berasal dari Kerajaan Sriwijaya adalah tari bedana. Tari bedana merupakan tari yang menggambarkan kehidupan masyarakat pada zaman Kerajaan Sriwijaya.

Tak hanya itu, Kerajaan Sriwijaya juga memiliki alat musik tradisional yang sangat terkenal yaitu Gong. Gong digunakan untuk mengiringi tari-tarian dan juga untuk acara keagamaan pada zaman itu.

Kita juga dapat melihat pengaruh budaya India pada musik dan tari Kerajaan Sriwijaya. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan alat musik seperti tabla dan sitar pada beberapa tarian tradisional di Indonesia.

Bahasa dan Sastra

Bahasa dan sastra juga merupakan bagian dari kebudayaan Kerajaan Sriwijaya. Bahasa Sanskerta merupakan bahasa yang digunakan pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Bahasa Sanskerta digunakan untuk menulis naskah-naskah suci seperti Weda dan juga untuk menulis naskah-naskah sastra seperti Ramayana dan Mahabharata.

Tak hanya itu, Kerajaan Sriwijaya juga memiliki naskah-naskah sastra yang sangat terkenal pada zamannya seperti Kakawin Ramayana dan juga Kakawin Bharatayuddha. Naskah-naskah sastra ini ditulis dalam bahasa Kawi dan merupakan karya sastra yang sangat indah dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Bahasa Kawi juga digunakan untuk menulis prasasti pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Prasasti-prasasti ini berisi tentang sejarah dan kehidupan masyarakat pada zaman itu. Kita dapat melihat prasasti-prasasti ini pada beberapa peninggalan Kerajaan Sriwijaya seperti pada Candi Muara Takus dan juga pada arca-arca yang ditemukan di Sumatera Selatan.

Kuliner

Kuliner juga merupakan bagian dari kebudayaan Kerajaan Sriwijaya. Makanan-makanan pada zaman Kerajaan Sriwijaya sangat dipengaruhi oleh kebudayaan India dan juga Tiongkok. Salah satu makanan tradisional yang berasal dari Kerajaan Sriwijaya adalah pempek. Pempek merupakan makanan yang terbuat dari ikan yang digiling dan dicampur dengan tepung sagu.

Tak hanya itu, Kerajaan Sriwijaya juga memiliki minuman tradisional yang sangat terkenal yaitu air kelapa. Air kelapa digunakan sebagai minuman untuk melepas dahaga pada zaman itu. Air kelapa juga dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kita dapat mencicipi kuliner tradisional Kerajaan Sriwijaya pada beberapa daerah di Indonesia seperti Palembang dan juga Riau.

Kesimpulan

Kehidupan budaya Kerajaan Sriwijaya sangatlah beragam dan kaya. Seni, musik, tari, bahasa, sastra, dan kuliner merupakan bagian dari kebudayaan Kerajaan Sriwijaya yang sangat terkenal pada zamannya. Mengetahui kehidupan budaya Kerajaan Sriwijaya dapat membantu kita untuk memahami lebih dalam tentang sejarah Indonesia dan juga menambah pengetahuan kita tentang kebudayaan Indonesia.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.